Kamis, 06 Desember 2012

DINAMIKA POPULASI



  1. Dinamika Populasi
-          Suatu keadaan populasi yang selalu berubah secara fluktuatif (bersifat siklik, yaitu  kembali pada kondisi laju pertumbuhan) menurut waktu dan tempat.
-          Dinamika satu musim bisa di pengaruhi oleh factor intrinsic/ internal dan ektrinsik/ekternal.
-          Intrinsik =>  berupa biotik seperti makanan atau energy penyakit, dsb.
-          Ektrinsik => seperti suhu, curah hujan dan factor lingkungan.
  1. Distribusi atau persebaran populasi.
-       Kontroversi tentang bagaimana pengaturan populasi berlangsung terjadi sejak teori Malthus dan juga Darwin yang berpendapat bahwa tidak ada populasi di alam yang tumbuh tanpa batas, selalu dibatasi oleh banyak komponen yang merusak yang akan menurunkan populasi tsb.
-      populasi sepenuhnya diatur atau bergantung pada tingkat kelahiran perkapita dan tingkat kematian perkapita.
-   jika kepadatan populasi meningkat maka tingkat kematian meningkat atau tingkat kelahiran menurun, sehingga populasi akan seimbang pada tingkat pertemuan antara jumlah dr(death rate) dan jumlah br(birth rate).
-    Suatu model yang lebih nyata (realistis) membatasi pertumbuhan dengan menyertakan daya tampung (K), ukuran populasi maksimum yang dapat didukung oleh sumberdaya yang tersedia. Persamaan logistik dN/dt = rmaksimum N(K—N)/K menjelaskan suaru kurva berbentuk S. di mana pertumbuhan populasi mendatar ketika ukuran populasi mendekati daya tampung. Model ini memprediksi laju pertumbuhan yang berbeda pada kepadatan populasi yang berbeda.
3.      Pertumbuhan populasi
-          Pertumbuhan ekponen.
Pertumbuhannya meningkat, mengikuti pola seperti huruf J dan jumlah individu bertrambah dengan cepat, secara ekponensial, karena tanpa ada factor pembatas, namun dpt berhenti mendadak ketika perlawanan lingkungan, dan factor- factor pembatas mulai berlaku.
-          Pertumbuhan sigmoid
Pertumbuhan popuasi yang berbentuk sigmoid mengalami proses pertumbuhan yang lambat, pada awalnya dan disebut fase percepatan positif.
  1. Factor- factor yang mempengaruhi pertumbuhan populasi
-          Intrinsic
Factor yang dipengaruhi oleh biotic; energy dan penyakit.
-          Ekstrinsik
Factor yang dipengaruhi oleh suhu, curah hujan, factor ingkungan.
  1. Kepadatan Popuasi
Merupakan jumah individu suatu spesies persatuan luas atau volume dalam kurun waktu dan tempat tertentu, yang dipengaruhi oleh aju natalitas (N), aju mortalitas (M), laju imigrasi (I), dan laju emigrasi (E).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar