Senin, 18 April 2016

jamur dan kehidupanya

Monggo disimak, seng apik jimok wae, seng elek guangen adoh-adoh. Nek ora percoyo karo aku yo kono minggat to. Nek percoyo tinggalno komen
Jamur mempunyai beberapa cara hidup, sebagian besar jamur hidup secara saprofit dan parasit, walaupun ada sebagian kecil lainya jamur yang hidup sebagai simbion dan komensal.

  1. Saprofit: dimana jamur hidup tumbuh dan berkembang di inang yang sudah mati, atau sisa dari makluk hidup lainnya. Mengambil sisa bahan organik dan akan dirombak untuk dijadikan makannya. 
  2. Parasit: dimana jamur tumbuh dan berkembang di inang yang masih hidup dan merugikan inang tersebut. parasit dibagi menjadi dua bagian lagi, yaitu parasit obligat dan parasit fakultatif. parasit obligat yaitu : makhluk hidup yang kehidupannya tergantung kepada inangnya, jika inangnya masih hidup maka dia akan hidup dan jika inangnya mati dia akan mati juga. parasit fakultaif yaitu: mahluk hidup yang sebagian kehidupannya tergantung pada inangnya.
  3. simbion atau simbiosis: interaksi antara 2 individu yang hidup berdampingan dan tidak merugikan satu dengan yang lainya.
  4. komensal atau komensalisme: 2 individu yang hidup berdampingan tidak merugikan tetapi saling menguntungkan.
Jamur bereproduksi dengan dua cara, secara aseksual dan seksual. contohya seksual jamur yaitu bertemua spora jamur yang cocok dan melebur dan selanjutnya akan menjadi tubuh buah jamur tersebut.
setelah jamur tumbuh ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan jamur:
  1. substrat. jamur membutuhkan substrat untuk asupan makanya, yang paling penting yaitu glukosa, lipid atau lemak dan protein.
  2. kelembapan, tidak salah lagi jamur paling suka dengan kemlembapan. jamur paling suka dengan kelembapan sekitar 70-90%
  3. suhu, kisaran suhu yang dibutuhkan jamur yaitu dari 26-32 derajat C.
  4. derajat keasaman. jamur dapat tumbuh dari pH 4,5-7, tetapi jamur lebih suka tumbuh pada kisaran pH 4.5-5.
  5. dan masih banyak lagi yang lainnya.....
TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA, JIKA TERBACA SAYA MAKLUMI
klik iki nek wani games dan aplikasi seru!!!!!!! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar