Senin, 18 April 2016

FUNGI

Ilmu yang mempelajari tentang Fungi adalah mikolaogi, berasal dari bahasa yunani, myces "Fungi" dan logos" ilmu/pengetahuan". orang pertama yang tertarik dengan mikolagi ialah Pier Antoni micheli seorang  ahli Botani berasal dari italy yang pada tahun 1729 menerbitkan bukunya yang berjudul NOVA PLANTARUM GENERA.

fungi dibagi atas 3 bagian yaitu , yeast, mold dan mushroom. dan jika saya terjemahkan artinya Jamur terbagi 3 bagian yaitu khamir, kapang dan cendawan. 
Banyak yang salah paham tentang jamur di Indonesia, banyak yang menyamakan antara kata jamur dan cendawan. padahal itu berbeda satu dengan yang lainnya. 
Jika kita menyebutkan jamur, maka khamir, kapang dan cendawan termasuk didalamnya.

  1. khamir atau yeast: khamir tidak dapat dilihat dengan mata telanjang hanya dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop. khamir hanya berbentuk seperti hifa yang sangat kecil. khamir biasnya digunakan untuk alat fermentasi.
  2. kapang atau mold: kapang berbentuk seperti benang benang yang banyak atau sering disebut miselium, kumpulan dari beberapa hifa, tetapi kapang ini dapat diliihat menngunakan mata telanjanga tanpa menggunakan mikroskop. contohnya seperti kapang pada tempe, atau jamur tempe jamur ditempat makanan yang sudah membusuk.
  3. cendawan atau mushroom : cendawan sering kita sebut sebagai jamur, atau jamur makro, atau jamur besar yang sudah mempunyai tubuh buah yang dapat kita lihat bagian bagian tubuh buah tanpa menggunakan mikroskop. Bentuk tudung, tangkai dan lainya terlihat jelas, seperti jamur merang.
Bedakan juga antara khamir dan ragi. khamir bukanlah ragi. 

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA, JIKA TERBACA SAYA MAKLUMI.
 ini bukan hanya untukmu, ini untukku juga. ini bukan memaksa jadi milikmu, ini paksaan untukku supaya mengingatnya.

klik nang kene games dan apliasi seru!!!!!
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar