Sabtu, 31 Mei 2014

SEKILAS TENTANG REPRODUKSI JAMUR

sebelum kita mengetahui bagaimana jamur ber reproduksi saya sebagai penulis ingin memberikan trik dari buku gandjar, I. bagaimna cara mengetahui apakah di lingkungan kita banyak jamur atau tidak. caranya cukup mudah yaitu letakkan saja cawan petri yang sudah berisi media dapat seperti medium Potato Dextro Agar atau tauge extract 6% sucrose agar, setelah itu biarkan cawan petridis tersebut selama 30 menit di udara terbuka, setelah itu di inkubasi selama 2-7 hari. lalu di amati, maka akan terlihan dicawan tersebut koloni-koloni kapang yang tercampur dengan koloni khamir atau pun bakteri.

REPRODUKSI jamur
jamur bereproduksi ada yang uniseluler ada juga yang multiseluler.
1. jamur yang uniseluler berkembang biak dengan seksual dengan membentuk tunas, sedangkan dengan aseksual jamur akan membentuk spora askus.
2. jamur multiseluler berkembangbiakan dengan seksual dan aseksual, seksual melalui pelaburan antara inti jantan dan betina sehingga akan membentuk spora askus dan spora basidium, sedangkan aseksual dengan cara memutuskan benang hifa (fragmentasi) dan membentuk spora (zoospora, endospora dan konidia)

konidia:
askus spora:
konidia:
hifa:
misellium:
zoospora:
endospora:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar